Tips Perawatan mobil

Tips Perawatan Mobil Pada Saat Musim Hujan

Tips Perawatan Mobil Pada Saat Musim Hujan

Tips Perawatan mobil saat musim hujan adalah salah satu Teknik otomotif yang sangat diperlukan untuk menjaga performa mobil agar tetap prima pada saat musim hujan ini sangat dibutuhkan. Musim hujan merupakan musim dimana mobil bisa cepat rusak.

Air hujan mengandung garam yang dapat merusak permukaan cat mobil, bila didiamkan terlalu lama dapat membuat permukaan mobil berkarat dan kusam. Untuk mencegahnya, berikut tips perawatan mobil yang bisa Anda gunakan:

1. Cek bagian saringan, saluran, tangki bahan bakar untuk memastikan tidak ada kebocoran atau lubang yang menjadi jalan masuk bagi air agar bahan bakar tidak tercampur dengan air.

2. Selain tempat bahan bakar, cek juga bagian penutup sistem elektrik. Pastikan air tidak akan masuk karena air yang masuk akan membuat mobil mogok karena arus pendek.

3. Pada saat mobil kena hujan, jangan tunggu air di permukaan mobil kering baru dicuci. Gunakan sabun mobil berbusa dan spon halus saat pencucian mobil. Ini bagian penting dalam perawatan mobil.

4. Semprotkan Silicone Spray secara berkala pada komponen mobil yang terbuat dari karet dan kaca. Hal ini untuk menjaga kelenturan dan memperkuatnya.

5. Gunakan Contact Cleaner dalam proses perawatan mobil Anda. Gunakan ini pada bagian mobil yang menggunakan sistem elektrik untuk mengantisipasi masuknya air dari hujan atau genangan air.

6. Secara berkala aplikasikan pelumas untuk bagian engsel pintu mobil agar tidak berkarat.

7. Letakkan mobil di bagasi atau tempat parkir tertutup (mobil sudah harus dalam keadaan kering) agar tidak kena hujan lagi setelah dicuci.

8. Lapisilah lantai di dalam mobil dengan koran agar saat hujan, Anda dapat masuk tanpa membasahi lantai. Ini akan membantu mencegah tumbuhnya jamur di dalam mobil.

9. Periksa juga fungsi wiper masih berfungsi dengan baik. Hal ini menjadi penting karena air hujan yang menetes di kaca depan terkadang menganggu visibilitas pengendara apabila tidak berfungsi sempurna. Periksa juga kondisi karet wiper mobil Anda, apakah sudah tipis dan perlu diganti. Jika dipaksakan berfungsi dalam keadaan tipis, maka besar kemungkinan akan membuat kaca mobil Anda menjadi baret.

10. Seperti kita tahu air hujan banyak mengandung garam dan butir-butir kotoran halus, karena itu jangan langsung mengelapnya, lebih baik basahilah dahulu bodi mobil Anda dengan air bersih sampai merata. Kemudian cucilah mobil dengan sampoo berbusa rendah dan bilaslah kembali secara merata serta mengelapnya. Jangan meninggalkan kotoran atau garam oleh air hujan pada bodi mobil lebih dari 3 hari, karena akan menyebabkan timbulnya karat, jamur serta noda-noda air yang mengering.

Semoga 10 cara ini bermanfaat saat Anda melakukan perawatan mobil dan bisa dipraktekkan walaupun tidak hujan. Cara ini pun bisa dilakukan untuk perawatan kendaraan lainnya selain mobil.

 Artikel Terkait:

Paket Promo September Ceria

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *