modifikasi

Harga Mobil Bekas “Terjun Payung” Karena Pernah di Modifikasi

Sebagian orang suka memodifikasi mobil. Namun, celakanya ada beberapa teknik modifikasi yang bisa membuat harga mobil turun saat dijual.

Apa saja modifikasi yang bisa bikin harga jual mobil turun?

Ganti Cat Warna Unik
Melabur bodi dengan cat warna unik seperti bunglon, xyralic, atau airbrush bisa membuat mobil terlihat beda. Sayangnya, ini bisa menjadi masalah kala mobil akan dijual. Bagi calon pembeli, ini bisa menjadi hal negatif jika tidak sesuai dengan selera. Soalnya, untuk mengecat ulang bodi butuh biaya mahal.

Pasang Body Kit
Pasang body kit juga salah satu cara modifikasi mobil. Cuma teknik pasangnya bermacam-macam ada yang cuma ditempel atau dibaut di bumper asli, memodifikasi bumper asli, sampai ganti bumper. Kalau instalasinya sampai merusak bodi mobil bisa menurunkan harga jual mobil.

Baca Juga:
- Oli Sintetik vs Oli Mineral
- Tips Perawatan Mobil Pada Saat Musim hujan
- Bulan Agustus 2016 Penjualan Honda Meningkat 85%

Pasang Instrumen Tambahan
Memasang instrumen tambahan seperti fuel pressure, voltmeter, oil temperature, dan lain-lain juga bisa menurunkan harga jual. Soalnya, pemasangnya akan memodifikasi sistem kelistrikan mobil. Jika instalasinya salah bisa mempengaruhi kerja komponen yang lain.

Cat Dasbor
Mengganti pelapis jok dengan kulit asli atau imitasi bisa membuat interior terlihat rapi. Lebih rapi lagi jika dasbor dibuat sewarna dengan mengecatnya. Masalahnya pengecatan dasbor berarti permanen dan tidak bisa dikembalikan seperti semula. Ini juga bisa menurunkan harga mobil.

Pelek Besar
Memang gagah menggunakan pelek lebar berdiameter besar. Namun terkadang hal ini harus diiringi dengan modifikasi sepatbor. Misalnya dengan melipat bibir sepatbor atau dengan menggembungkan area sepatbor agar tidak bersentuhan dengan ban. Hal ini bisa dilihat secara kasat mata. Ini berarti sudah dilakukan perusakan bodi.

Audio
Umumnya perangkat audio yang wah bisa mendongkrak harga mobil. Tetapi lain halnya jika pemasangannya terpaksa merusak bagian mobil, misalnya door trim atau dasbor. Ini bisa menjadi masalah saat ingin mengembalikan ke kondisi semula karena cukup menyedot dana.

Mesin

Jika modifikasinya ekstrem, untuk mengembalikan mobil dalam keadaan standar juga tidak mudah. Ada bebe­rapa bagian yang sulit ditemukan suku cadangnya. Seperti knalpot, komponen mesin seperti filter udara, kabel busi, dan lainnya.

Jadi perlu pertimbangan matang bila Anda berencana memodifikasi mobil –termasuk jenis modifikasinya. Karena hanya sedikit calon pembeli yang berminat, dan umumnya bila laku terjual pun harganya di bawah pasaran. Sementara biaya untuk modifikasi relatif tidak sedikit. (autobild)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *